Welcome to my blog :) May everyday find you in love and happiness
RSS

Thursday, June 10, 2010

Arka 7 bulan

Hohohohoho

Hari ini arka usianya tepat 7 bulan, anak mama tambah besar ya! terakhir timbang tgl 5 kmrn BB nya 8.5kg, PB 69cm dan lingkar kepala 44cm...

Perkembangan arka masuk usia 7 bln udah bisa guling2, teriak2, nyanyi aoooaoooaooo, bilang mam klo mau makan, Kalo mau ee udah bisa bilang "ee + angkat kaki", nungging krn mau merangkak kali ya, dan udah bs didudukin di high chair :) Alhamdulilaaah


Hohoho....


=====

semalam arka tdrnya gk tenang nih, tiap 2 - 3 jam bangun dan akhirnya ketauan pagi2 badannya agak anget.. :( knp ya nak?? apa mau numbuh gigi? tp masih gk percaya klo numbuh gigi itu pasti badannya anget... emg sih gusi arka yg bagian bawah udah berasa keras & keliatan putih2....

Hr ini mama & papa berangkat kerja agak pagi supaya papa bs dapat paket C dan kita pulang tenggo, soalnya 2 hr kmrn cm bs maen sm arka 15-20menit doank, anaknya keburu ngantuk sih.. :( mudah2an nanti sore gk macet & bs maen sm arka lbh lama....ayoo arka jgn tdr dulu sblm mama pulang yaaaak heheheh

=================

berikut rangkuman perkembangan anak ketika memasuki usia 7 bulan

Anak Anda sekarang menyukai permainan sembunyi-sembunyian. Sembunyikanlah mainannya, dan biarkan ia mencari-cari. Setelah beberapa lama ia mencari, beri tahulah ia dimana kemungkinan mainan itu berada. Dia akan senang sekali berhasil menemukan mainan kesukaannya itu. Lain kali, setelah ia mahir mencari sesuatu, jangan beritahukan dimana mainan itu, dan biarkan ia menemukan sendiri.

Berilah ia selamat dan ikutlah merasa senang ia berhasil menemukan mainan itu. Pengakuan ini Sangay penting dalam membentuk kepercayaan dirinya. Dalam latihan ini, jangan sampai Anda membuatnya frustasi karena tidak berhasil menemukan mainan tersebut.

Anak Anda pada usia ini, juga suka sekali mengulang-ulang bermain game yang sama atau membaca buku yang sama berkali-kali. Berilah buku bergambar, agar ia mengulang-ulang membukanya dan mencoba menghapal isinya.

Ragam Gerakan
Bila ia memegang benda pada salah satu tangan dan diberikan benda lain makan ia akan menerima benda itu pada tangannya yang lain tanpa melenas benda yang kedua, berbeda dengan sikapnya bulan lalu, yang masih terfokus pada satu benda.

Gerakan yang amat disukainya adalah, sambil duduk dan dipegang dari dipegangi dari belakang, ia akan melempar-lempar mainan yang diberikan kepadanya, seringkali sambil bersuara saat melemparkan benda-benda itu.

Control terhadap jari-jarinya juga semakin sempurna dan terkoordinasi dengan pergelangan tangan. Sehingga ia bisa memungut benda-benda berskala kecil. Ia sudah dapat memegang biskuit. Ia juga sudah mulai dapat minum dari cangkir atau gelas.

Anak juga sudah mulai dapat mengunyah, karena itu saat yang cukup baik untuk memperkenalkannya dengan makanan padat.

Pada usia ini, ia juga suka sekali dengan mainan yertas. Yertas diremas-remasnya, kadang ia tampak gemas dengan mainan kertasnya, dan membuangnya, lalu ia berusaha mengambilnya kembali.

Bercermin merupakan aktivitas yang menyenangkannya. Ia seakan-akan suka sekali berbicara dengan bayangannya sendiri, sambil bercermin ia akan mengeluarkan suara atau mulutnya menyembur-nyembur.


Ingat, Setiap Anak adalah Unik
Ingat selalu, setiap anak adalah unik dan memiliki karakter sendiri. Ia punya potensi yang sama dengan anak-anak yang lain untuk menjadi generasi platinum yang cerdas. Setiap anak akan melewati setiap tahapan perkembangan dan pertumbuhan yang sama, meski tidak akan sama kecepatan penguasaannya dalam melewati tahapan-tahapan itu.

Mungkin seorang anak lebih cepat menguasai sebuah ketrampilan, sementara anak lain akan menyusul beberapa waktu kemudian. Hal ini jangan menjadi masalah dan membuat kekhawatiran Anda. Ingat pula, setiap anak prematur biasanya akan lebih lambat dalam menjalani setiap tahapan perkembangan dan pertumbuhan.

Dan penting diingat, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter atau psikolog anak, jika Anda menghadapi masalah atau memerlukan pertimbangan-pertimbangan dalam memberikan perlakuan anak yang sesuai.

kiss kiss from mama arka :)

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.